Berapa Lamakah Makanan Beku Tetap Aman Disimpan?

Banyak orang berkata bahwa makanan beku akan selalu aman untuk dimakan, sebab membekukan adalah salah satu cara mengawetkan yang cukup aman. Tetapi ada  juga yang mengatakan tergantung pada tanggal kedaluwarsa yang tertera di dalam kemasan.

Manakah yang benar? Penelitian khusus telah dilakukan untuk menjawab pertanyaan ini. Dilansir dari NowFood, berikut ini adalah jawaban ilmiah untuk pertanyaan berapa lamakah makanan beku tetap aman disimpan?


1. Selama Anda membekukan makanan ketika masih dalam keadaan baik, sebenarnya Anda dapat menyimpannya hingga selamanya.

United States Department of Agriculture (USDA) mengatakan “tenang saja, ketika kamu mengeluarkannya dari freezer, rasanya akan terjaga bahkan terkadang lebih baik.”

Anda dapat membekukan hampir semua jenis makanan, terkecuali telur dalam cangkang atau produk kalengan. Dengan membekukan makanan, hal itu akan memperlambat pergerakan molekul di dalamnya, bahkan perkembangan mikrobanya akan terhenti sementara.


2. Makanan yang mengalami freezer burn  masih tetap aman untuk dikonsumsi

Menurut loc.gov, freezer burn adalah kondisi yang muncul ketika makanan beku terlihat rusak akibat dehidrasi dan oksidasi, karena udara menyentuhnya. Biasanya karena makanannya tidak disimpan dalam kemasan kedap udara.

Termasuk juga makanan yang berubah warna. Anda hanya perlu menyingkirkan bagian yang rusak dan sisanya masih bisa Anda konsumsi.

 

3. Makanan beku masih aman sampai ratusan tahun setelah disimpan

Semua panduan penyimpanan makanan beku yang Anda baca secara online itu tergantung dengan kualitas makanannya. Bukan tentang jangka hidupnya di dalam freezer. Tekstur dan rasanya mungkin saja akan berubah sedikit dari aslinya, karenanya Anda harus sesegera mungkin memasukkan makanan ke dalam freezer saat kualitasnya sedang paling baik.

 

4. Makanan beku akan aman disimpan hingga hampir selamanya, selama freezer Anda selalu dalam kondisi baik

Ini semua karena mikroorganisme di dalam makanan tersebut juga terhenti aktivitasnya. Maka dari itu, yang terpenting adalah menjaga bahwa kondisi freezer Anda selalu dalam keadaan baik.

 

Yang perlu diperhatikan adalah hasil penelitian di atas utamanya berlaku untuk makanan-makanan segar dan organik. Untuk makanan dalam kemasan, sebaiknya Anda tetap mematuhi batasan tanggal kedaluwarsa.

Kecuali Anda berada di lingkungan yang rawan bencana alam atau bercuaca ekstrem sehingga susah untuk mencari makan. Setidaknya Anda sudah tahu jika makanan beku selama tetap terjaga beku, akan aman sampai ratusan tahun.

 

Oleh karena itu, bagi kamu calon usahawan yang ingin berjualan makanan beku contohnya dimsum, sekarang sudah tahu kan bahwa makanan beku akan tetap tahan lama apabila disimpan di dalam freezer. Jadi tidak perlu khawatir lagi dalam hal ketahanan makanan.

Bagi yang ingin berjualan dimsum, kamu bisa klikdisini untuk tahu jenis dimsum apa saja yang kami jual.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alamat Benerandimsum

Alamat Distributor Dimsum Daerah Kecamatan Medan Labuhan Yang Lengkap dan Murah

Alamat Supplier Dimsum Kecamatan Medan Marelan Yang Enak dan Halal